Diet

Diet

Bagi anda yang kelebihan berat badan atau kegemukan, saya menemukan beberapa informasi yang mungkin dapat membantu program diet anda, untuk menurunkan berat badan.

“Diet bukanlah mengurangi makan, tetapi mengatur pola makan.” Inilah yang sering Ade Rai sampaikan dalam berbagai seminar.

Reaksi terkejut dari yang hadir mengisyaratkan bahwa masih banyak yang berpendapat keliru bahwa diet itu artinya mengurangi makan. Saya sangat memaklumi masih banyak yang memegang teguh pada pendapat yang keliru ini, karena sebenarnya ia timbul dari suatu pola pemikiran yang logis: kalau gemuk terjadi akibat banyak makan, maka untuk kurus harus melakukan sebaliknya.

Tetapi logika ini tidak sepenuhnya sejalan dengan sains. Karena jika logika tersebut benar, sudah banyak orang yang sukses menurunkan kadar lemaknya dengan cara tersebut. Sains bahkan mengkonfirmasikan bahwa pendekatan mengurangi makan untuk menurunkan berat badan adalah cara yang tidak sehat (berbahaya), tidak mungkin bertahan lama, dan akan mengakibatkan kegemukan yang lebih lagi apabila berhenti.

pola makan yang baik itu makan lebih sering, tetapi jaga kalorinya. anda dapat makan lima kali dalam sehari, namun porsinya yang kita batasi, ada juga pepatah yang mengatakan makanlah sebelum lapar berhentilah sebelum kenyang. Dan juga kandungan kalori dalam makanan tersebut harus kita batasi, agar tidak terjadi penimbunan lemak. contoh- contoh makanan berkalori tinggi adalah:

1. Minyak goreng

Minyak goreng mengandung 100% kalori lemak. 1 gr lemak mengandung 9 kalori, 225% lebih banyak kalori daripada karbohidrat maupun protein.

2. Tepung.

Tepung mengandung nilai gizi yang rendah tetapi memicu insulin (hormon penyimpan lemak) yang tinggi. Waspadai tepung karena tepung ada dalam berbagai bentuk: roti, biskuit, kue, kulit gorengan, minuman, mie, bihun, kwetiauw, dan lain-lain.

3. Gula Pasir.

Satu sendok gula pasir = 40 kalori, atau sama dengan jogging di treadmill selama 8 menit. Dalam teh manis, hutang 8 menit tersebut habis dalam 15 detik.

4. Mentega atau Margarin.

Sama dengan minyak goreng, 100% kalorinya berasal dari lemak. Memiliki kandungan lemak jenuh (yang tidak baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah) yang tinggi.

5. Santan.

Dalam 100 ml santan atau dari 100 gr kelapa parut ternyata menyumbang kolesterol hampir sebanyak 90%. Peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh bisa memicu berbagai jenis penyakit bermunculan.

6. Kecap

Satu sendok makan kecap rata-rata mengandung 1.000 mg sodium. Artinya, kandungan garam pada kecap terbilang cukup tinggi. Kadar garam yang tinggi bisa mengakibatkan penyimpanan air yang menyebabkan perut kembung.

 

Makanan penyebab kegemukan #1: Minyak goreng.
Minyak goreng mengandung 100% kalori lemak. 1 gr lemak mengandung 9 kalori, 225% lebih banyak kalori daripada karbohidrat maupun protein.

· Tepung.
Tepung mengandung nilai gizi yang rendah tetapi memicu insulin (hormon penyimpan lemak) yang tinggi. Waspadai tepung karena tepung ada dalam berbagai bentuk: roti, biskuit, kue, kulit gorengan, minuman, mie, bihun, kwetiauw, dan lain-lain.

· Gula pasir.
1 sendok gula pasir = 40 kalori, atau sama dengan jogging di treadmill selama 8 menit. Dalam teh manis, hutang 8 menit tersebut habis dalam 15 detik.

· Mentega / Margarin.
Sama dengan minyak goreng, 100% kalorinya berasal dari lemak. Memiliki kandungan lemak jenuh (yang tidak baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah) yang tinggi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s